10 KESALAHAN PENYEBAB DIET GAGAL

Anda yang telah mencoba berbagai macam metode diet, namun belum juga berhasil? Duh, ga sendiri ko, Jengs! Bisa jadi bukan metode nya yang salah, namun mindset Anda yang perlu diubah. Satu hal yang perlu diingat bahwa diet itu bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi diet adalah upaya untuk mengurangi kalori dan lemak yang tidak berguna dalam tubuh. Intinya adalah untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan seimbang tentunya. Diet sebenarnya bukan mengurangi makan, tetapi memilih makanan tertentu, yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh. Sekarang perhatikan diet yang Anda lakukan. Bisa jadi ada kesalahan yang Anda lakukan, sehingga merusak semua usaha diet yang telah dilakukan. Tentunya Anda tidak ingin segala usaha yang telah dilakukan gagal, akibat kesalahan yang anda tidak sadari, kan?

Ingin tau, apa saja kesalahan yang dapat menyebabkan diet Anda gagal? Menurut Madeline Vann, MPH (reviewed by Christine Wilmsen Craig, MD) dalam Everydayhealth.com, ada 10 kesalahan yang dapat menggagalkan diet Anda. Duh! Harus diperhatikan banget, nih. Let’s counting down!
10. Makan berlebihan ketika di restoran. Anda akan kesulitan menghitung kalori dari makanan yang disajikan di restoran ataupun tempat makan umum lainnya. Bukan berarti Anda tidak boleh makan di luar, tetapi ada trik khusus yang dapat Anda lakukan. Sebelum menghabiskan semua makanan yang telah dipesan, pisahkan setengah dari makanan Anda, kemudian mintalah pelayan untuk membungkusnya sehingga dapat Anda bawa pulang. Dengan begitu Anda dapat menghindari asupan kalori berlebihan. Ingat, yang dibungkus setengah, bukan makan satu porsi lalu bungkus satu lagi, lho.
9. Tidak Memperhatikan label pada makanan. Memperhatikan porsi makanan yang tertera pada label nya sangat penting. Anda dapat mengetahui berapa porsi makanan yang ada dalam satu kemasan dari labelnya. Jika Anda tidak memperhatikan porsi makanan tersebut, bisa saja Anda menghabiskan seluruh makanan dalam kemasan, karena berfikir bahwa Anda hanya memakan satu porsi. Padahal bisa saja satu kemasan tersebut adalah untuk 3 kali makan, misalnya.
8. Makan terlalu cepat. Jika makan terlalu cepat, Anda akan tetap merasa lapar ketika makanan sudah habis, karena ‘sinyal’ kenyang belum sampai ke otak, namun makanan sudah habis. Sehingga Anda ingin makan lebih banyak lagi. Jadi, santai saja kalau makan, Jengs. Saat makan siang, jangan menunda makan siang dan terburu-buru menghabiskan makanan saat jam istirahat sudah mau habis, ya!
7. Menghindari makanan favorit. Menghindari makanan favorit seperti coklat atau daging asap, justru membuat Anda menderita karena sulit menahan godaan. Gunakan perhitungan kalori yang tepat sehingga Anda masih dapat menikmati makanan favorit, tentunya dalam porsi yang tepat, sehingga tidak merusak program diet Anda. Reward yourself once in a while.
 
6. Terlalu menyesali kesalahan. Jangan berlarut-larut memikirkan kesalahan yang Anda lakukan, misalnya ketika hang out bersama teman-teman dan Anda tidak bisa menahan diri untuk menikmati dessert. Jangan biarkan perasaan bersalah tersebut menguasai diri Anda, karena hanya akan membuat Anda kehilangan semangat untuk meneruskan program diet yang sudah berlangsung. Berfikirlah positif, bahwa satu kesalahan tersebut tidak sebanding dengan semua makanan sehat yang Anda konsumsi kemarin selama diet. Jangan karena satu kesalahan diet, jadi alasan buat ga melanjutkan dietnya, ya. Big NO!
5. Hanya fokus pada target penurunan berat badan. Mentargetkan penurunan berat badan pada angka tertentu, bisa jadi justru merusak diet Anda. Jangan terlalu sering menimbang badan, lakukan paling banyak seminggu sekali saja. Lebih baik lagi jika membuat target baru yang sifatnya jangka pendek seperti lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan minum air putih.
4. Kurang berolahraga. Olahraga sangat mendukung keberhasilan diet Anda. Tidak perlu olahraga yang memerlukan latihan fisik yang berat, cukup berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Anda dapat membagi olahraga tersebut dalam 3 segmen yang masing-masing dilakukan selama 10 menit.
3. Emotional eating. Istilah emotional eating yang dimaksudkan di sini adalah kebiasaan melampiaskan perasaan kesal, bosan maupun stres dengan makan lebih banyak. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, segera alihkan pikiran Anda atau melakukan hal lain saat perasaan emosional tersebut timbul. Hal ini dapat mengalihkan perhatian Anda sehingga tidak melampiaskan perasaan emosional pada makanan. Jadi, kalau ada masalah sama pasangan, lebih baik curhat di Your Story ya, daripada menghabiskan satu batang coklat sendirian.
2. Berfikir bahwa diet adalah ‘diet’. Banyak orang hanya mampu melakukan diet selama 3 bulan, kemudian berhenti karena merasa tidak sanggup. Fokuslah pada tujuan untuk menghasilkan pola hidup sehat dengan diet Anda.
1. Membiarkan satu kesalahan mendorong Anda melakukan kesalahan lainnya. Ini adalah kesalahan terbesar yang membuat diet Anda gagal. Jangan biarkan satu kesalahan membuat Anda melakukan lebih banyak kesalahan lainnya. Jika Anda melakukan kesalahan (misalnya seperti yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya), lupakan kesalahan tersebut, maafkan diri Anda, dan kembali ke jalur yang benar.
Setelah Anda menyadari kesalahan yang dapat merusak diet Anda, hindari kesalahan tersebut. Kembali ke jalur yang benar jika telah melakukan kesalahan. Jangan biarkan diet Anda kembali gagal. Mari diet untuk hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *