JUS KENTANG UNTUK ATASI SAKIT MAAG

Apakah Anda penderita sakit maag? Mungkin “jus kentang” bisa menjadi solusi baru yang bisa Anda coba sendiri! Menurut penelitian para ilmuwan Manchester University, sayuran kentang mengandung molekul anti-bakteri unik yang dapat mengobati stomach ulcers (tukak lambung/radang usus, sejenis penyakit maag kronis).
Seperti dikutip Dailymail.co.uk, para anggota tim mikrobiologi universitas tersebut saat ini berharap bahwa molekul, yang dijuluki ‘jus kentang’, bisa masuk ke tahap produksi sebagai suplemen makanan sehari-hari.
Uniknya, tidak seperti antibiotik, bakteri perut ini tidak bisa mengembangkan perlawanan terhadap ‘jus kentang’, yang juga tidak menimbulkan efek samping. Para ilmuwan di universitas itu bahkan melakukan tes pada berbagai varietas kentang dan menemukan bahwa dua jenis varietas Maris Piper dan King Edward ternyata memiliki efek yang terbaik.
Inspirasi penelitian ini datang setelah salah satu ilmuwan menyelipkan makanan kentang untuk menu makan siang. Kemudian, penelitian ini menghasilkan penemuan molekul kunci “jus kentang”, yang bisa menyembuhkan dan mencegah bakteri yang hidup di perut dan bisa menyebabkan tukak lambung dan heartburn (nyeri dada).
“Salah satu ilmuwan kami sedang makan siang, ketika nenek pacarnya mengatakan bahwa ia biasa memakan kentang untuk menyembuhkan sakit maag,” ungkap Ian Roberts, profesor mikrobiologi di Fakultas Biologi, yang meneliti penemuan tersebut.
“Setelah itu, ia pergi dan membeli sekantong kentang King Edwards dari sebuah toko di Mile Curry dan mulai menguji di lab.Kami melihat ‘jus kentang’ ini bisa sebagai tindakan pencegahan untuk menghentikan pengembangan sakit maag dan orang bisa mengambil kentang sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Ini juga bisa menjadi pasar yang besar, jika kita bisa mengembangkannya,” tambahnya.
Proses untuk mengekstrak molekul yang belum dinamakan ini telah dipatenkan, dengan harapan suatu hari nanti bisa dijual sebagai suplemen yang mirip dengan minuman yoghurt probiotik. 
Sumber: duniafitnes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *