MANFAAT LESITIN BAGI TUBUH

MANFAAT LESITIN BAGI TUBUH

Lecithine atau yang biasa kita dengar (sebut) sebagai lesitin merupakan salah satu keluarga lemak yang memiliki gugus fosfat dan terdapat sebagai kandungan tertinggi yang terdapat di dalam jaringan tubuh manusia, termasuk sobat tentunya. Jangan khawatir sob, zat lemak yang satu ini sangat besar manfaatnya bagi tubuh manusia dan tentunya tidak membahayakan.


Di dalam tubuh, zat lesitin menempati suatu bagian yang paling penting dalam pembentukan jaringan saraf. Itulah sebabnya keberadaan lesitin ini di dalam jaringan saraf sangat diperlukan karena merupakan nutrisi yang paling utama dari sel-sel saraf.
 
Kebutuhan zat lesitin di dalam tubuh kita hanya menempati 1% dari berat tubuh manusia, hampir sama dengan kebutuhan zat kalsium bagi tubuh (selain jaringan keras seperti tulang, kuku, gigi). Meskipun hanya sebesar 1% akan tetapi keberadaannya sangat vital (dan harus ada). Sedangkan menempati 30% dari berat otak manusia di dalam otak besar (sereberum).
 
Dari perbandingan persentase di atas, kira-kira sobat tau gak “Berapa persenkah porsi kebutuhan lesitin di dalam sel otak manusia ???
 
Berdasarkan beberapa penelitian yang sumbernya tidak terlalu jelas, disebutkan bahwa zat lesitin di dalam sel otak manusia porsinya mencapai 70% bahkan sampai 80% dari berat sel. Wahhh…cukup besar juga ya persentasenya ?! Secara gitu…namanya juga nutrisi utama sel otak.
Berikut ini beberapa manfaat lesitin bagi tubuh :
  1. Lesitin berfungsi sebagai pembentuk (penyusun) membran sel tubuh manusia. Membran sel inilah yang berfungsi sebagai pelindung sel yang mengatur keluar masuknya nutrisi ke sel dan berperan juga sebagai pengantar impuls (pesan) antar sel di dalam tubuh.
  2. Lesitin menjamin kesehatan dan fungsi normal membran sel otak besar.
  3. Semakin banyak lesitin Meningkatkan kecepatan penyampaian pesan dari otak sehingga manusia mampu untuk berpikir dengan cepat dan cekatan sehingga bereaksi dengan cepat pula.
  4. Lesitin Mampu meningkatkan daya ingat.
  5. Lesitin bersifat sebagai emulglator (pengemulsi = pengencer) kolesterol dan lemak jahat di dalam pembuluh darah.
  6. Lesitin mencegah terjadinya pengendapan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah.
  7. Lesitin mampu memperbaiki dan mencegah pengerasan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan dimensia.
  8. Lesitin melindungi kesehatan organ lain seperti liver.
  9. Lesitin meningkatkan regenerasi sel-sel liver
  10. Lesitin dapat menguraikan toksin (detoksifikasi) di dalam tubuh secara alami.
  11. Meningkatkan fungsi hemoglobin.
  12. Memberikan zat air dan oksigen yang memadai bagi kulit sehingga kulit menjadi sehat, lembut, dan bercahaya. 

 LECITHIN UNSUR DASAR PEMBENTUK SEL-SEL TUBUH
Lebih dari 50% membran sel tubuh terdiri dari phospholipid, tanpa adanya lecithin pembentukan membran sel tidak akan terjadi. Menurut Dianne Craft, MA bila otak manusia dikeringkan dan dianalisa maka 30 % jaringan sel-sel otak manusia merupakan unsur lecithin, juga pada hati, limpa, empedu, jantung, ginjal, pangkreas, serta organ penting lainnya mengandung lecithin, sehingga jika tubuh kekurangan lecithin maka akan mudah terjangkit penyakit pada organ-organ tersebut, serta penyakit lain yang mengikutinya seperti : diabetis, darah tinggi, jantung, kanker, autoimmune, multiple sklerosis, rheumatoid arthritis, fibrocystic breast, parkinson, stroke dan sebagainya juga kelelahan fisik, mental, syaraf serta sulit untuk mengingat dan menjadikan seseorang akan mudah tersinggung serta depresi.
Lecithin merupakan salah satu komponen yang berfungsi dalam pembuatan dan aktivitas berbagai hormon dalam tubuh seperti hormon adrenalin, hormon thiroid, hormon seks.

LECITHIN MERUPAKAN SUMBER CHOLINE
Choline dalam bentuk Phosphotidilcholine sangat berfungsi dalam pembentukan sel-sel membran tubuh. Tanpa Choline metabolisme tubuh juga akan terganggu karena lemak akan terperangkap dihati. Lecithin merupakan sumber choline yang merupakan nutrisi untuk digunakan memenuhi kebutuhan acethycholine (Ach) dalam tubuh. Emmert dan kawan-kawan menyatakan dalam tulisannya, bahwa pada sebuah penelitian dikatakan lecithin menyediakan suatu persediaan bio yang banyak dari choline.
National Academy of Sciences, USA menyatakan bahwa choline berefek meningkatkan kesehatan, memperbaiki otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan dan memperbaiki fungsi lever, jantung dan alat reproduksi.

LECITHIN SUMBER INOSITOL
Inositol memiliki fungsi yang mirip dengan Choline, Inositol juga merupakan komponen struktural dari phospholipid yang ditemukan pada seluruh sel-sel tubuh. Inositol seperti halnya choline memiliki pengaruh “lipotropik” menjaga lemak agar tetap cair sehingga melancarkan aliran lemak menuju dan dari hati. Kekurangan Inositol akan menjadikan banyak kelainan pada tubuh terutama pada hati seperti terjadinya cirrosis hepatis serta penyakit-penyakit hati yang lain.
Kekurangan Inositol juga berdampak buruk pada penderita diabetes, karena sel-sel syaraf yang kekurangan inositol akan mengakibatkan penurunan fungsi, sehingga menjadikan komplikasi pada penderita diabetes yang sering disebut diabetes neoropathi.

LECITHIN SEBAGAI ANTIOKSIDAN
Hampir semua penyakit berawal dari oksidator jahat yang tidak dapat ditanggulangi oleh superoksid dismutase (SOD) katalase, dan glutation peroksidase (GSH). Penambahan lecithin akan memperbaiki sistim antioksidan pada superoksid dismutase (SOD) karena lecithin merupakan komponen struktural pada SOD. Selain itu lecithin memiliki kandungan Alfa karoten, Alfa tokoferol, Alfa tokotrienol, Beta karoten, Beta tokotrienol, retinol dll. yang merupakan antioksidan untuk menjaga keseimbangan tubuh serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidator jahat lainnya.
Penambahan lecithin sebagai antioksidan akan menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, lecithin akan melapisi membran sel tubuh dari organ-organ penting seperti otak, jantung, hati, paru-paru, ginjal dan serabut-sarabut syaraf manusia, juga pada kulit tubuh dengan selaput tipis untuk menjaga dan mengantisipasi kedatangan para oksidator pemberontak. Dan yang jelas selain sebagai antioksidan zat pelengkap pada kandungan lecithin kacang kedelai merupakan unsur paling essensial bagi pembentukan sel serta organ tubuh yang sangat penting, sehingga akan memberikan 1001 manfaat kesehatan dan pengobatan yang amat luar biasa bagi tubuh.
Dalam hal ini Dr. Lester M. Morrison telah melakukan analisis dan evaluasi selama bertahun-tahun, serta mengatakan bahwa “Saya yakin kalau lecithin adalah salah satu senjata kita paling ampuh melawan berbagai macam penyakit, serta sebuah benteng paling istimewa …”.

MENINGKATKAN IMUNITAS DALAM TUBUH
Jika kita mengkonsumsi lecithin secara rutin kandungan isoflavon, piridoksin, karoten dan kandungan lain pada lecithin akan menjadikan regulator ketahanan tubuh meningkat dengan pesat. Menurut Dr. Lester M. Morrison dalam penelitiannya menyatakan bahwa kandungan lecithin pada kacang kedelai memiliki kemampuan yang luar biasa untuk meningkatkan kandungan gamma globulin dalam protein darah. Gamma globulin dikenal sebagai kekuatan untuk perlindungan dari berbagai serangan infeksi dan virus dalam tubuh.
Dalam hal ini Dr. Lester M. Morrison mengatakan “Lecithin adalah …. benteng paling istimewa menahan terbentuknya pengerasan pembuluh nadi dan segala komplikasi jantung, otak serta ginjal”. Dalam penelitiannya, darah dari pasien-pasiennya yang mengkonsumsi ini ditemukan adanya imunitas terhadap infeksi virus serta terhadap pneumonia.

LECITHIN UNTUK MENANGGULANGI KOLESTEROL
Tubuh manusia memerlukan kolesterol sebanyak 1/3 dari makanan sehari-hari. Fungsi kolesterol sebagai pembentukan hormon seks, hormon adrenal, vitamin D serta cairan empedu. Kolesterol juga berperan untuk mempertebal serta memperkuat dinding pembuluh darah yang tipis agar tidak mudah pecah. Dr. Daniel Steinberg, profesor dibidang pengobatan pada Universitas California di San Diego mengatakan, bahwa oksidasi kolestrol LDL merupakan faktor utama dalam aterosklerosis dan penyakit arteri koroner yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
Lecithin sebagai antioksidan mampu menjaga kolestrol LDL untuk tidak teroksidasi, namun jika kolestrol LDL atau tumpukan partikel berlemak teroksidasi dan menggumpal mengakibatkan pengerasan pembuluh nadi (atherosclerosis) maka licithin sanggup memecahkannya menjadi partikel-partikel kecil, hal ini bisa dilakukan lecithin karena lecithin memiliki unsur Cholin dan Inositol yang mampu mengendalikan lemak dan mengemulsi untuk dikeluarkan dari tubuh, serta mampu mencegahnya, sehingga menjadikan peredaran darah keseluruh tubuh berjalan lancar, tanpa hambatan.

LECITHIN UNTUK MENGATASI BATU EMPEDU
Empedu adalah cairan yang diproduksi oleh hati yang memiliki warna kuning kehijauan dengan komposisi Kolesterol, lecithin, lemak dan garam organik serta tersimpan dalam kantung empedu. Cairan kolestrol dalam kantung empedu harus selalu dijaga dalam posisi tetap cair, untuk mempertahankan kolestrol dalam empedu agar tetap cair serta tidak mengkristal maka diperlukan lecithin karena mengandung inositol dan alfa tekoferol yang berfungsi agar cairan tetap dalam posisi cair.
Dr. R.K. Tompkins dan koleganya di Sekolah tinggi Medis Universitas Negara bagian Ohio, pada pertemuan tahunan Federasi Masyarakat Amerika Untuk Biologi Eksperimen menyatakan lecithin dapat menghindari batu empedu, para peneliti ini melaporkan bahwa lebih dari 90% batu empedu yang diderita manusia terutama terbentuk dari kolesterol yang mengkristal. Pemeliharaan kolesterol dalam bentuk cair didalam air empedu adalah kunci pencegahan pembentukan batu empedu.

LECITHIN UNTUK MELINDUNGI KARDIOVASKULER
Penyakit jantung koroner ditimbulkan karena penyempitan pembuluh arteri koroner yang mengalirkan darah menuju jantung dengan membawa oksigen dan nutrisi, bila penyumbatan itu menjadi parah maka mengakibatkan serangan jantung. Demikian pula jika darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi menuju otak dari arteri koroner mengalami penyumbatan maka bisa menjadikan seseorang terkena serangan stroke.
Lecithin merupakan nutrisi sumber choline sehingga lecithin sering disebut Phosphatidylcholine. Dengan menambahkan lecithin kepada penderita jantung koroner maka akan terpenuhi unsur choline yang dibutuhkan oleh nadi koroner yang mengkerut supaya mampu aktif kembali. Lecithin sebagai antioksidan akan mengikat segala bentuk radikal bebas yang akan mengikat LDL serta dengan zat Cholin dan Inositol akan mampu melarutkan sel busa yang menempel serta menyumbat arteri koroner sehingga jantung dapat bekerja secara normal kembali.

LECITHIN UNTUK MELAWAN KANKER
Prof. Packer menekankan bahwa radikal bebas oksigen merupakan ancaman utama dalam kesehatan manusia, radikal hidroksil mempunyai sifat yang sangat merusak. Radikal hidroksil bersama molekul oksigen tidak stabil lainnya telah dikaitkan dengan penyakit berat, termasuk kanker, dengan cara menyerang inti sel tubuh serta merusak DNA serta menyebabkan mutasi sel sebagai fase awal dimulainya sakit kanker.
Lecithin merupakan komponen struktural pada superoksid dismutase (SOD) yang akan mencegah radikal hodroksil menyerang tubuh, disamping itu lecithin memiliki kemampuan untuk mengubah radikal superoksid menjadi hidrogen peroksid dan selanjutnya melalui proses lagi diubah menjadi air dan oksigen. Lecithin juga memiliki kandungan alfa karoten yang dikenal sebagai anti kanker.
Alfa karoten merupakan salah satu antioksidan yang dikandung licithin dan bisa diandalkan untuk menghadapi kanker, juga sebagai antikarsinogen yang akan menghalangi pembentukan senyawa kimia karsinogen dilambung serta mampu melindungi DNA dan lipid membran sel tubuh dari kerusakan oleh oksidator, serta kandungan Isoflavon pada lecithin meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan kandungan gamma globulin.

LECITHIN UNTUK PENDERITA DIABETES
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena penderita tidak dapat memindahkan gula atau glukosa dari darah kedalam sel, dimana oleh sel digunakan sebagai energi dalam melakukan tugasnya seperti bernafas, bekerja dan sebagainya. Tidak dapat masuknya Glukosa atau karbohidrat kedalam sel disebabkan karena fungsi kelenjar pangkreas terganggu sehingga tidak dapat mempruduksi insulin. Insulin berfungsi sebagai pembuka jalan masuknya gula pada darah atau karbohidrat untuk masuk kedalam sel, jika produksi insulin terganggu maka sel tidak dapat menyerap karbohidrat sehingga sel akan mengalami kelaparan.
Mengapa pankreas tidak dapat memproduksi insulin? Karena pankreas kekurangan lecithin. Lecithin sebagai antioksidan mampu menjaga sel-sel pada pankreas untuk tidak mengalami kerusakan akibat oksidasi, serta mampu meregenerasi sel-sel yang rusak dengan cepat sehingga ketika pankreas diberi tambahan lecithin maka sel-sel pankreas akan berfungsi baik kembali serta dengan bantuan lecithin pula insulin mampu diproduksi kembali secara maksimal.
Menurut Dr. Dietrick dari El-Paso, Texas melaporkan bahwa dia berhasil menyembuhkan banyak pasien diabetes dengan 6 sendok makan lecithin setiap hari. Sehingga penambahan insulin-nya secara berangsur-angsur berkurang, dan akhirnya para pasien tersebut mampu kembali ke diet normal.

LECITHIN UNTUK PENDERITA GAGAL GINJAL
Ginjal merupakan organ ekskresi terpenting dalam memper-tahankan integritas cairan intraselulair agar tetap seimbang, bila terjadi gangguan faal ginjal, terutama faal ekskresinya, maka pembuangan kelebihan cairan atau zat yang tidak termetabolisme akan menjadikan gangguan, sehingga bahan-bahan tersebut akan menumpuk didalam badan dan berdampak sangat buruk.
Gagal ginjal faktor utama diantaranya disebabkan karena oksidasi pada faal ginjal, penambahan lecithin yang juga merupakan antioksidan mampu mengikat radikal bebas serta meregenerasi dan menjaga sel-sel ginjal untuk tidak dirusak oleh oksidator untuk dia ikat, sehingga ginjal dapat tetap memiliki unsur-unsur yang penting sehingga mampu bekerja secara normal.
Dr. Lester M. Morrison mengatakan “Lecithin adalah salah satu senjata kita yang paling ampuh melawan berbagai penyakit, dia merupakan benteng paling berharga menahan terbentuknya pengerasan pembuluh nadi dan segala komplikasi jantung, otak serta ginjal”.

LECITHIN UNTUK IMPOTENSI DAN LEMAH SYAHWAT
Dalam sebuah jurnal tentang lecithin diberitakan bahwa lecithin sering digunakan oleh bintang-bintang film porno sebagai suplemen untuk menahan ejakulasi dini serta menghasilkan sperma yang banyak, dan lecithin akan memperlancar peredaran darah pada pembuluh darah penis serta akan mampu melakukan ereksi dengan maksimal.
Dengan menambahkan lecithin sebagai suplemen yang memiliki berbagai kandungan yang sangat istimewa maka akan mampu mengatasi lemah syahwat serta mengobati impotensi.

MAMPUKAH LECITHIN MENANGGULANGI HIV & AIDS ?

Pada konferensi yang dilakukan oleh Lembaga Kesehatan Nasional Amerika pada bulan november 1993, para ilmuwan melaporkan hasil penelitian yang mengaitkan virus AIDS dengan gerak radikal bebas yang berlebihan didalam tubuh. Dengan penyakit ini mereka menekankan bahwa radikal bebas akan melemahkan dan menghancurkan sistem imunitas tubuh.
Dalam pertemuan tersebut mereka mengajukan makalah yang mencakup penemuan-penemuan berikut :
Ø Studi Harvard menunjukkan bahwa penggunaan antioksidan dapat menghentikan kelainan komunikasi antar sel tubuh yang disebabkan dengan adanya virus HIV.
Ø Study Johns Hopkins School of Hygiene and Publick Healt menemukan adanya kekurangan karoten diantara para pasien AIDS.
Ø Para ilmuwan dalam konferensi tersebut menyatakan bahwa terapi antioksidan, cocok untuk mereka yang mengidap AIDS guna memerangi aktivitas radikal bebas dan respon imun yang menurun berkaitan dengan penyakit tersebut.
Lecithin kacang kedelai yang mengandung alfa karoten, alfa tekoferol, alfa tokotrienol, beta tokotrienol dan beta karoten merupakan anti oksidan yang bisa diharapkan untuk melawan radikal bebas pada penderita HIV serta AIDS.

UNTUK MEMBANGUN KECERDASAN DAN DAYA INGAT
Lecithin sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya seorang anak, karena memiliki kandungan nutrisi, serta vitamin yang diperlukan seorang anak Lecithin memiliki kandungan Asam Linolenat, Asam Linoleat, serta Asam Oleat yang amat sangat diperlukan dan dibutuhkan seorang anak guna perkembangannya, agar tampil sehat, cerdas serta pintar.

LECITHIN MENANGGULANGI KETAGIHAN NARKOBA DAN GANGGUAN PSIKOLOGIS SERTA MENTAL
Salah satu fungsi hati selain memproduksi lecithin adalah detoksikasi racun pada tubuh serta membentuk antibodi, namun fungsi ini akan menurun jika sel-sel hati mengalami kerusakan akibat minuman keras (miras) narkotika dan obat terlarang (narkoba).
Dalam beberapa kasus pecandu narkoba yang telah ketagihan maka jika tidak mengkonsumsi narkoba maka tubuh akan terasa sakit serta ngilu dan pada sebagian orang ada yang merasakan menggigil panas dingin.
Pecandu miras dan narkoba menjadi sangat tergantung terhadap miras dan narkoba sebab barang haram tersebut menjadikan konsumsi oksigen syaraf dan otot dalam tubuh bertambah meningkat, serta membangkitkan oksidator oksigen untuk mengikat berbagai sel-sel tubuh sehingga menjadikan syaraf-syaraf tubuh bekerja lebih keras untuk menanggulangi.
Ketika seseorang menghentikan mengkonsumsi maka syaraf yang masih bekerja keras akibat terikat radikal bebas karena dipicu penggunaan oksigen yang berlebihan pada syaraf dan otot dari pengaruh sisa-sisa sebelumnya, menjadi sangat kelaparan dan terasa sakit sehingga membutuhkan tambahan dari luar yang seharusnya berupa antioksidan untuk menghadapi radikal bebas yang aktif mengikat syaraf-syaraf tubuh, namun para pengguna miras dan narkoba justru menambah barang haram lagi agar tubuh tidak terasa sakit, maka radikal bebaspun akan semakin meningkat dan membikin masalah yang lebih jauh.
Sementara itu produksi lecithin dihati akan mengalami kekurangan sebab terganggu oleh miras dan narkoba, karena lecithin sebagai unsur dasar phospholipid yang seharusnya bekerja bagi seluruh sel-sel tubuh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhannya sendiri bagi hati, sehingga tubuhpun akan rusak akibat oksidan bersamaan dengan rusaknya hati
Minuman keras dan narkoba merupakan pemicu meningkatnya radikal bebas yang mengakibatkan sel-sel hati dan susunan syaraf menjadi rusak.
Dalam penanggulangan narkoba dan miras penambahan lecithin sangat berperan aktif sebagai penawar racun.karena lecithin memiliki kandungan Molibdenum yang berfungsi sebagai penawar racun alkohol dan obat-obatan.
Adapun untuk regenerasi sel guna mengembalikan fungsi hati yang rusak akibat para oksidator maka diperlukan thiamine, karena thiamine berfungsi untuk membangun sel-sel hati.
Guna mempermudah penyerapan thiamine maka diperlukan lecithin tambahan, karena lecithin selain mengandung thiamine juga berfungsi membantu thiamine dalam menyusun kembali sel-sel hati yang rusak sehingga bisa berjalan dengan baik serta diikuti kesehatan tubuh yang lain. Jika kekurangan lecithin maka proses pengembalian sel-sel hati tidak bisa terpenuhi.
Telah dicoba menambahkan lecithin pada 12 penderita kecanduan narkoba yang merasakan kesakitan di seluruh tubuhnya, serta ada yang menggigil panas dingin. Dari 12 orang tersebut, semua mengalami perkembangan baik serta tidak mengalami sakit-sakit kembali akibat kecanduan.
Ketika pecandu mengalami sakit ditubuhnya, maka diminumi 2-3 sendok makan lecithin dan dalam waktu 15 – 30 menit maka sakit akan berkurang serta hilang. Dengan minum lecithin secara teratur 6 sendok makan setiap hari selama minimal 3-4 minggu maka tubuh akan mengalami perasaan lebih baik.
Dari 12 pecandu narkoba ada 4 orang pengguna narkoba sudah ada yang sangat parah sampai mempengaruhi syaraf-syaraf otak sehingga mengalami gangguan mental dan perilaku. Namun kini telah mengalami kemajuan pesat dan mampu berfikir dengan lebih baik setelah terapi lecithin.
Miras dan narkoba ketika dikonsumsi; baik ditelan, dihisap, suntikan atau dalam bentuk lain, maka setelah masuk kedalam tubuh akan diproses didalam hati, namun racun-racun tersebut tidak bisa dicerna oleh hati bahkan merusak hati.
Ketika oksidator racun yang tidak dapat dicerna oleh hati dibawa oleh darah dan sampai pada syaraf pusat (otak) maka akan mengganggu sistem syaraf transmiter sel-sel otak, serta mengikat unsur-unsur sel disana sehingga akibat gangguan ini maka timbul gangguan mental dan prilaku.
Lecithin sangat membantu dalam meregenerasi dan mempertahankan kehidupan sel otak yang rusak oleh faktor minuman keras, narkoba ataupun yang lain seperti stress, depresi, serta gangguan mental.

LECITHIN UNTUK MENANGGULANGI STRESS
Stress disebabkan karena otak tidak mampu mensinergikan pesan-pesan dari komunikasi tubuh akibat tekanan dari pikirannya sendiri maupun dari unsur luar.
Dalam kondisi stress dan depresi syaraf dan otot manusia dalam menggunakan oksigen meningkat menjadi seratus hingga duaratus kali lipat daripada dalam kondisi normal sehingga peningkatan oksigen memicu produksi radikal bebas menjadi meningkat pesat sehingga akan mengikat unsur-unsur penting dalam tubuh serta menimbulkan ketegangan-ketegangan pada otot dan syaraf-syaraf yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit lain, bahkan jika radikal bebas akibat stress ini menyerang inti sel maka bisa menimbulkan sakit kanker, dengan alasan inilah maka banyak studi yang mengaitkan kondisi stress dengan serangan jantung dan kanker.
Stress merupakan gangguan emosional yang diakibatkan karena saraf simpatik dan para simpatik tidak seimbang, karena acetycholine (Ach) yang digunakan otak untuk mengatur seluruh susunan syaraf mengalami kekurangan choline.
Lecithin dengan unsur choline-nya akan menyeimbangkan acetycholine (Ach) yang merupakan substansi dari penyebaran seluruh sistim syaraf tubuh untuk mengadakan pesan-pesan komunikasi keseluruh tubuh yang dilakukan oleh otak guna mengatur, menyeimbangkan dan mengontrol sistim panca indra dan otak itu sendiri.
Dalam jurnal yang ditulis Dianne Craft, MA. Telah dilakukan penelitian informal oleh beberapa dokter untuk membantu pasien mereka yang menderita berbagai macam kerusakan sistem motorik pada otak, para dokter ini memberikan lecithin pada mereka serta menemukan kemajuan dan perbaikan.
Dalam penelitiannya Dr. Edward Hewwit mengatakan bahwa dia telah mengamati kemajuan pesat serta kesembuhan total pada pasiennya dalam kasus gangguan mental dan psikologis setelah secara rutin dan mencukupi menambahkan lecithin cair pada makanannya.

LECITHIN OBAT AWET MUDA, KEPIKUNAN DAN PANJANG UMUR
Pada proses penuaan normal selalu dihubungkan dengan kondisi perubahan pada kulit, rambut serta mental yang berkaitan dengan kepikunan (demensia) dan berkurangnya atau melemahnya fungsi organ-organ tubuh.
Proses penuaan terjadi karena sel-sel tubuh dirusak oleh oksidan atau radikal bebas sehingga sel-sel tubuh menjadi tidak normal serta mengakibatkan gangguan metabolisme seluruh tubuh dan fungsinya pun menurun sehingga terjadilah proses penuaan.
Sel-sel tubuh selalu memiliki plasma membran atau dinding sel agar susunan sel bisa fleksibel dan fungsional serta tidak pecah dan rusak. Membran sel dihasilkan dari susunan Biomolecular yang dilepas dari Phospholipid dan protein. Dan lebih dari separo membran sel tubuh adalah phospholipid.
Untuk menjaga sel agar tetap utuh dan tidak rusak maka diperlukan lecithin, karena lecithin merupakan zat antioksidan serta sebagai cairan ekstra seluler yang meningkatkan phospholipid untuk perawatan dan perbaikan sel membran..
Selama proses penuaan dini yang dimotori radikal bebas, tubuh kehilangan beberapa alat penerima cholinergic yang berada pada sel-sel diantara lapisan-lapisan tipis dari bermacam-macam sistem tubuh yang menjadikan mereka seharusnya bisa menerima pesan-pesan secara efisien yang disampaikan oleh sistem syaraf serta disertai perubahan yang menyolok pada kelenturan dan pengerutan didalam otot, terutama pada jaringan pengikat yang sering disebut kalogen, juga berdampak pada hilangnya ingatan jangka pendek, kulit bersisik atau timbulnya flek-flek hitam pada wajah serta tubuh.
Lecithin sebagai anti penuaan dini memiliki korelasi yang lebih baik untuk menjadikan potensi hidup lebih panjang atau maximal life span potensial (MLSP). Pengkonsumsian Lecithin secara rutin setiap hari menjadikan seseorang memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama.
Telah dicoba diberikan lecithin cair pada makanan seekor anjing tua dengan bulu yang rontok serta pendengaran yang rusak dan ternyata dalam waktu lima hari, anjing tersebut sudah bisa berjalan dengan tegap, bulu rambut mulai tumbuh serta pendengarannya mulai ada perbaikan dan setelah dikunsumsi selama dua minggu anjing bisa lari kembali dengan pendengaran yang penuh.
Lecithin telah dicoba ditambahkan pada makanan orang tua yang kehilangan keseimbangan tubuh serta pendengarannya kurang, maka dia bisa berdiri dan berjalan kembali dengan keseimbangan yang baik serta tidak gemetar tubuhnya, juga pendengarannyapun membaik.
Juga telah dicobakan kepada orang tua yang berusia lebih kurang 90 tahun dengan kondisi tidak bisa berjalan dan duduk, serta hanya terbaring ditempat tidur. Ketika menkonsumsi lecithin cair 6 sendok sehari maka dalam waktu 4 hari sudah mampu duduk kembali, hingga tulisan ini ditulis menjelang dua minggu sudah bisa berdiri serta berjalan sambil berpegangan, serta bicaranya yang tadinya seperti tidak terkontrol serta bingung (demensia) menjadi baik.
Juga telah dilaporkan oleh Safford, F and B. Baumel dalam tulisannya “Testing the effects of Dietary Lecithin on Memory in the Elderly“ bahwa lecithin memperbaiki ingatan pada orang-orang tua.
Pengkonsumsian lecithin yang tinggi menjadikan kulit lebih halus, serta menjadikan kulit menjadi kuning terang dan bercahaya, kulit tubuh akan nampak lebih indah dan cantik alami tanpa polesan dari luar, hal ini disebabkan karena lecithin tersimpan pada jaringan epitel, keadaan ini disebut lecithinodermia dan hal ini sebagai pertanda yang menguntungkan disamping kulit yang bagus juga kita dapat mengidentifikasikan bahwa tubuh memiliki persediaan lecithin yang cukup bagi kesehatan serta siap dipergunakan jika sewaktu-waktu diperlukan.

LECITHIN MENANGGULANGI KEBOTAKAN
Rambut merupakan salah satu bagian dari kecantikan tubuh sehingga sering dikatakan bahwa rambut adalah mahkota.
Rambut merupakan alat petunjuk pertama yang baik bagi kesehatan tubuh, karena bila tubuh kekurangan nutrisi maka rambut akan memperlihatkan warna kusam, kering, bercabang, tidak bercahaya, tipis, rontok, serta kulit kepala bersisik. Kerontokan rambut sering menjadikan masalah, apalagi jika sampai menimbulkan masalah kebotakan.
Rambut rontok, kusam, bercabang serta kebotakan disebabkan karena folikel rambut mengerut serta tidak aktif, hal ini diakibatkan karena peredaran darah tidak bisa lancar kearah kulit kepala, juga kualitas dan kuantitas darah yang mencapai folikel mengalami kekurangan nutrisi maka pertumbuhan rambutpun menjadi masalah, sehingga keindahan rambutpun akan terganggu.
Telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa timbulnya rambut putih disebabkan karena kekurangan asam pantotenat. Boron, riboflafin, asam lemak essensial (Monounsaturated fat dan Polyunsaturated fat) dan antioksidan juga sangat penting dalam memperlambat proses pemutihan rambut.
Telah dicoba kepada beberapa orang yang mengalami masalah kebotakan dengan mengkonsumsi lecithin sehari 3 kali dan dalam waktu satu sampai dua minggu rambut mulai tumbuh dari kepala yang mengalami kebotakan, hal ini disebabkan karena lecithin mampu memperbaiki Colinergik pada arteri dan vena rambut serta kulit sehinga peredaran darah menjadi lancar serta folikel rambut yang mengerut menjadi normal dan aktif kembali demikian juga dengan nutrisi dari lecithin yang dibawa darah ke arah folikel rambut menjadi lebih baik sehingga warna rambutpun mencadi lebih bercahaya serta tidak bercabang

Sumber lesitin di dunia ini adalah salah satunya dari kedelai yang cukup banyak mengandung lisitin, kedelai terbaik yang mengandung lesitin adalah kedelai organik, yang di tanam secara organik dan bebas GMO (modifikasi genetic), untuk memastikan zat kimia atau gen mutasi masuk juga kedalam tubuh anda, salah satu produk kedelai organik adalah susu kedelai melilea 


8c796-susu-kedelaimelileaSusu Kedelai Organik MELILEA sebuah harapan baru bagi Kita yang peduli terhadap Kesehatan bayi Yang Sesungguhnya dan Juga bagi anda Penggemar Susu Kedelai yang Peduli Dengan Kualitas Terbaik, Citarasa Yang sangat Sedap dengan Harga yang Sangat Ekonomis

Kandungan Asam Amino dalam Biji Kedelai
Setiap 100g Susu Kedelai Melilea mengandung 23 gram Protein. Kacang kedelai adalah sebuah tanaman yang berbasis protein, mengandung 22 macam asam amino essensial dalam jumlah yang cukup kecuali Methionie dan Cystine. 8 dari 22 asam amino tersebut adalah asam amino essensi, memeliki lemak tak jenuh salah satunya lesitin

Semoga ulasan singkat tentang manfaat lesitin bagi tubuh di atas bermanfaat bagi kita semua dengan tujuan berbagi info sehat dan ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *